JEMBER – Bertempat di Aula Kodim 0824/Jember pada Kamis 27/02/2020 Pukul 08.00 Wib dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengerjaan Ketatalaksanaan Pembinaan Teritorial (Binter) yang diikuti oleh para Komandan Koramil bersama unsur stafnya  masing-masing, dan diarahkan langsung oleh Tim Peninjau dari Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad).

Tim dari Pusterad diantaranya Letkol Inf Tarmuji, Kapten Inf Yayan dan Serka Wahyudi, memberikan arahan teknis terkait tata cara pengerjaan laporan produk administrasi terkait ketatalaksanaan Binter, yang menyangkut kemampuan personel dalam membuat perencanaan, menyelenggarakan  kegiatan, pengumpulan data serta pelaporannya.

Dalam sambutannya Kepala Staf Kodim 0824/Jember Mayor Inf Sampak, menyampaikan permohonan maaf Komandan Kodim yang tidak dapat mendampingi Tim dari Pusterad, karena ada kegiatan di Kodam V/Brw.

Kegiatan Bimtek yang diselenggarakan ini merupakan bagian dari upaya Komando Atas dalam menyuguhkan produk-produk yang memiliki keakuratan data, ketepatan dan kecepatan pengerjaannya, untuk itu mari kita ikuti dengan sebaik-baiknya, guna optimalisasi Binter Kodim 0824/Jember.

Selanjutnya Letkol Inf  Tarmuji selaku Ketua Tim Peninjau yang membacakan sambutan tertulis Komandan Pusterad Mayjen TNI Arif Rahman, pada intinya menyampaikan, bahwa  Binter merupakan salah satu Fungsi Utama TNI, sedangkan Pusterad merupakan pusat pembinaan teritorial dilingkungan TNI Angkatan Darat yang bertugas untuk meningkatkan kemampuan Binter satuan dan prajurit sehingga profesional untuk kepentingan pertahanan negara.

Lebih lanjut mantak Komandan Kodim 0822/Bondowoso tersebut menyampaikan bahwa Binter memiliki fungsi membantu pemerintah dalam pengelolaan potensi nasional  melalui pembinaan kemampuan teritorial dengan ketahanan wilayah, komunikasi sosial dan bakti TNI.

Kemampuan Binter TNI dititik beratkan kepada pembinaan TNI Kedalam terbaik terhadap prajurit  maupun satuan, kemampuan Binter harus dimiliki oleh prajurit maupun satuan, kemampuan tersebut meliputi Kemampuan Sikap Teritorial, Lima Kemampuan Teritorial, Sistem Rencana dan Pengenalian (Sisrendal) Binter dan Ketatalaksanaan Binter yang merupakan proses menejemen teritorial ditingkat koramil.

Terlepas dari sambutan tertulis tersebut dalam pernyataannya Letkol Inf Tarmuji menegaskan bahwa produk-produk ini sangat mempengaruhi produk-produk berikutnya, untuk itu harus sering diperbaharui, sehingga data tersebut benar-benar data faktual, misalnya data demografi setiap waktu pasti ada yang lahir dan ada yang meningga, untuk itu harus benar-benar diikuti perkembangannya berkoordinasi dengan pemerintahan desa atau kecamatan, sehingga data tersebut selalu update.

Unruk itu melalui Bimtek ini nanti apa yang belum dipahami hendaknya ditanyakan kepada Tim, sehingga pada produk-produk   Ketatalaksanaan Binter Kodim 0824/Jember,  secara kualitatif merupakan data faktual dan dikerjakan sesuai dengan format pengerjaan yang ditentukan, dan terjadi kesesuaian dari tingkat Koramil hingga Pusterad, dan dapat digunakan secara tepat secara strategis untuk kepentingan pertahanan negara. (Siswandi)

 

 56 total views,  1 views today

Leave a Reply