JEMBER –  Cuaca ekstrim ditandai hujan turan dengan intensitas waktu yang relatif lama dengan curah yang relatif tinggi,  mengakibatkan bertambahnya debit air beberapa sungai, termasuk sungai tanggul dengan hulu di Kecamatan Tanggul dan hilirnya hingga ke Kecamatan Kencong dan Gumukmas.

Kondisi tersebut yang terjadi beberapa hari ini mengakibatkan lonsornya tebing sungat tanggul yang berada di Desa Paseban Kec Kencong hingga Desa Kepanjen Kec Gumukmas, sepanjang 150 meter dengan ketinggian 8 meter, pada Senin 09/03/2020 Pukul 09.00 Wib, kondisi tersebut belum sampai jebol dan membahayakan, warga masyarakat di dua desa tersebut.

Komandan Koramil 0824/18 Kencong Kapten Inf Bambang Hari M  dan Komandan Koramil 0824/20 Gumukmas Kapten Inf Abd Muntholib, segera melaporkan dan menyarankan untuk dilakukan penanganan sesegera mungkin, kepada Komandan Kodim 0824/Jember.  Karena  kalau tebing Sungai Tanggul tersebut sampai jebol,  mengancam banjirbandang bagi pemukiman masyarakat di Desa Paseban dan sekitarnya, serta Desa Kepanjen  dan sekitarnya.

Pada Selasa 10/03/2020 Pukul 08.00 Wib, Danramil 0824/18 Kencong bersama anggotanya, Danramil 0824/20 Gumukmas bersama anggotanya, Korlap Sumberdaya Alam dan Pengairan Provinsi Jawa Timur Ahak S, Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Dinas Pengairan Kec Kencong  Basar  dan Kec Gumukmas Haryanto beserta anggotanya 20 orang, serta satu unit backhoe ukuran besar dihadirkan dilikasi longsornya tebing Kali Tanggul tersebut.

Para pemangku kepentingan tersebut, langsung melakukan koordinasi dilapangan untuk dilakukannya langkah-langkah sesegera mungkin mengatasi longsornya tebing sungai tersebut untuk mencegah jebolnya tebing sungai.

Menyikapi hal tersebut, Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin saat kami konfirmasi menyampaikan, bahwa sesuai laporan dari Danramil kemarin, saya langsung mengkoordinasikan dengan pihak terkait, untuk dilakukan langkah-langkah penanganan segera.

Inilah pentingnya temu cepat dan lapor cepat, sehingga kita ditingkat Kabupaten dapat mengkoordinasikan dengan cepat terkait pengambilan langkah-langkah penanganannya. Tegas lulusan Akademi Militer 2001 tersebut. (Siswandi)

 

 26 total views,  1 views today

Leave a Reply