JEMBER– Penanganan Tanggul Longsor disamping dilakukan di wilayah Kencong dan Gumukmas, diwilayah Koramil 0824/16 Tanggul juga terjadi longsornya tanggul sungai sepanjang 50 meter dan tinggi 7 meter yang mengancam pemukiman warga.

Tepatnya di Dusun Krajan RT. 002/012 Desa Tanggul Wetan Kec Tanggul Kab Jember,  dan longsornya tanggul sungai terebut juga diakibatkan oleh peningkatan debit aliran air, dengan arus yang deras, sehingga mengikis tanggul-tanggul sungai.

Penanganannya sudah berjalan beberapa hari ini, saat kami lakukan pemantauan pada Rabu 11/03/2020 Pukul 10.00 Wib, tampak dilakukan Karya Bakti TNI dengan pemasangan bronjong-bronjong, dengan melibatkan personel Koramil 0824/16 Taggul 15 orang, Yonif Raider 515/K 30 orang, Polsek Tanggul 5 orang, tim teknis dari Dinas Pengairan 20 orang,  perangkat desa dan masyarakat 50 orang.

Hal yang sama juga dilakukan pada pengerjaan pemasangan bronjong ini, sama-sama berpacu dengan waktu sambil melihat kondisi cuaca, dilakukan percepatan pengerjaannya, Danramil 0824/16 Tanggul Kapten Inf Suparno saat kami wawancarai disela-sela kegiatan menyampaikan, bahwa pekerjaan ini harus dilakukan percepatan.

Karena kalau tidak segera diselesaikan, kalau terjadi hujan lebat dan debit air meningkat lagi pastinya akan memperluas dampak longsornya tanggul/ tangkis sungai ini, sedangkan dibalik tangkis merupakan pemukiman warga masyarakat, sehingga sangat rentan sekali.

Kiuta sudah lakukan koordinasi dnegan Tim Teknis dari Dinas Pengairan terkait langkah-langkah percepatannya, dan yang kami butuhkan ketersediaan batu yang tidak boleh telat, dan kita dibantu oleh satu unit alat berat berupa backhoe yang melakukan normalisasi aliran air. Kata Kapten Inf Suparno.

Sementara itu Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin saat diwawancarai terkait kegiatan jajarannya tersebut, secara singkat menyampaikan, bahwa kegiatan di wilayah Kencong, Gumukmas, Tanggul dan Kalijompo tersebut merupakan bagian dari upaya tanggap darurat, dan saya berterima kasih sekali kepada jajaran, tim teknis dan pihak terkait yang telah bersinergi secara terpadu melakukan lahkah-langkah percepatan pengerjaannya. (Siswandi)

 32 total views,  2 views today

Leave a Reply