JEMBER – Longsornya tanggul sungai yang tepat diperbatasan Desa Paseban Kecamatan Kencong dan Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas, sisa tebing sungai yang ada rentan jebol apabila aliran sungai meningkat, sedangkan cuaca ekstrim dengan cerah hujan relatif tinggi masih terjadi.

Sehingga langkah-langkah percepatan terpaksa harus dilakukan, namun tidak mengurangi pertimbangan secara teknis oleh tim teknik dari Dinas Pengairan Kabupaten Jember, bahkan Danramil 0824/18 Kencong Kapten Inf Bambang Hari M bersama Danramil 0824/20 Gumukmas Kapten Inf Abd Muntholib langsung turun tangan bersama anggotanya.

Menurut Kapten Inf Bambang Hari M maupun Kapten Inf Abd Muntholib, kita melakukan percepatan tanggap darurat ini, karena dikhawatirkan kalau sampai terjadi tanggul ini jebol maka akan membanjiri ratusan rumah warga masyarakat di kedua desa dan ratusan hektar sawah yang tepat dibawah tanggul tersebut.

Untuk itu kita melakukan percepatan dengan mengerahkan personel diantaranya dari Koramil Kencong maupun Koramil Gumukmas masing-masing 10 orang, dari Dinas Pengairan  35 orang, perangkat desa dan masyarakat 50 orang, dengan melibatkan 1 unit backhoe untuk pengisian tanah urug ke jumbo bag, sedangkan anggota dan masyarakat bahu membahu mengisi tanah urug ke dalam sak – sak kecil yang telah disediakan Dinas Pengairan. Kata kedua Kapten Inf Abd Muntholib.

Sedangkan sasaran pekerjaannya adalah me pemulihan tanggul yang longsor sepanjang 150 meter tersebut, dengan tanah urug yang dimasukkan sak dan jumbo bag tersebut, dan di amankan dengan sesek bambu, langkah ini tentunya sesuai pertimbangan dari tim teknik Dinas Pengairan Kab jember maupun Provinsi Jawa Timur.

Menyikapi kegiatan kedua Koramil jajarannya tersebut, saat kami wawancarai Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nudin menyampaikan, bahwa kegiatan penanganan tanggul longsor oleh Koramil Kencong dan Gumukmas tersebut merupakan bagian dari langkah tanggap darurat bersinergi dengan Dinas Pengairan dan masyarakat.

Dan keberadaan anggota TNI jajaran adalah dalam rangka upaya percepatan agar pengerjaannya cepat selesai, untuk itu saya menyampaikan apresiasi kepada anggota dan pihak terkait serta masyarakat yang bersinergi dalam penanganan langkah tanggap darurat tersebut, mari kita do’a kan semoga pengerjaannya dapat segera diselesaikan dan kita semua terhindar dari berbagai bencana alam. Tegas  pemimpin Kodim 0824/Jember tersebut. (Siswandi)

 26 total views,  1 views today

Leave a Reply