JEMBER – Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mencegah berkembangnya covid-19 atau lebih dikenal dengan virus corona di Indonesia, seperti pendirian Posko Kesehatan, Meliburkan Sekolah dan lain-lain, agar tidak berdampak luas.

Seperti di Kabupaten Jember,  usai dilakukannya rapat koordinasi Forkopimda bersama instansi terkait pada Minggu 15/03/2020 pukul 19.00 Wib hingga dinihari, terkait dengan langkah-langkah dalam rangka mencegah perkembangan covid-19 di Kabupaten Jember, pagi ini 16/03/2020 Pukul 10.20.WIB Bupati Jember dr Hj Faida MMR bersama Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin dan Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono melakukan sosialisasi ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jemberlor 1.

Disambut oleh Camat Patrang M Rofiq, Komandan Koramil 0824/01 Patrang Kapten Inf Sumaryono beserta Dokter Puskesmas Patrang dr. T Nanik Widyowati,  kedatangan Bupati Jember bersama Dandim 0824/Jember dan Kapolres Jember,  langsung memberikan arahan kepada siswa siswi SDN Jemberlor-1.

Lebih lanjut Bupati Jember dr. Hj Faida, MMR menjelaskan bahwa libur sekolah tanggal 17-29 Maret 2020 ini pada intinya bukan libur belajar, namun libur tetapi tetap belajar dirumah, adik-adik tidak boleh memanfaatkan liburan ini untuk rekreasi, untuk ke mall-mall, adik-adik harus tetap dirumah, kemudian biasakan cuci tangan memakai sabun atau antiseptick, kalau ada yang pilek atau flu segera periksa ke dokter atau rumah sakit, hindari kontak langsung dengan orang banyak, bahkan untuk sementara agar tidak berjabat tangan.

Usai kegiatan tersebut dalam wawancaranya kepada awak media, Bupati Jember dengan didampingi Dandim 0824/Jember dan Kapolres Jember menyampaikan,  bahwa sosialisasi ini adalah dalam rangka mencegah berkembangnya virus corona, dan liburan sekolah ini pada intinya kegiatan belajar tetap namun dilakukan dirumah, kemudian tenaga pengajar memberikan tugas-tugas.

Kemudian untuk masyarakat tidak usah panik, tidak usah memborong belanjaan sembako, yang penting kurangi kegiatan di tempat-tempat rekreasi, di mall-mall, anak-anak harus tetap belajar dirumah, hal ini perlu kita sosialisasikan, sehingga anak-anak dan masyarakat mendapatkan informasi yang benar, semua kegiatan saya harapkan tetap berjalan namun jarak sosialisasinya tidak berhimpitan sehingga tidak mudah menularkan virus corona tersebut.

Terkait dengan langkah-langkah yang diambil oleh Pemerintah Daerah tersebut, kita TNI Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, sangat mendukung sekali, sesuai dengan hasil rapat tadi malam, kita akan mendukung perkuatan posko kesehatan, kita ada Rumah Sakit Tentara (Rumkit Baladhika Husada) disini nanti juga ada poskonya lengkap dengan sarana dan petugas medisnya.

Untuk Sosialisasi ini kita sudah perintahkan sampai ke tingkat Babinsa agar melakukan pendampingan berkoordinasi dengan Puskesmas setempat dan unsur tiga pilar lainnya dalam memberikan edukasi dan sosialisasi ke sekolah-sekolah, secara serentak hari ini, karena besuk anak-anak sudah diliburkan. Kata Dandim 0824/Jember.

Selanjutnya rombongan bergegas mengecek kesiapan Posko Kesehatan di Rumah Sakit Baladhika Husada dan Posko Lapangan Oleh Polres Jember di Terminal Pakusari Jember, yang masing-masing diperkuat oleh tenaga medis sesuai standart penanganan.   (Siswandi)

 66 total views,  1 views today

Leave a Reply