JEMBER – Dalam rangka mengisi kekosongan jabatan Salah Satu  Kepala Dusun (Kasun) di Desa Sumberpakem Kec Sumberjambe  Kabupaten Jember,  maka dilakukan seleksi perekrutan untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, dalam mekanisme pencalonan dilakukan pembentukan panitia pemilihan yang beranggotakan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Perangkat Desa.

Dalam seleksi calon Kepala Dusun Pandian tersebut peserta yang telah memenuhi syarat sesuai ketentuan panitia pemilihan dilakukan seleksi dengan Tim Penyeleksi Muspika terdiridari Camat, Komandan Koramil dan Kapolsek setempat.

Pada Selasa 17/03/2020 Pukul 10.00 Wib bertempat di Balai Desa Sumberpakem dilaksanakan seleksi Calon Kepala Dusun yaitu Fauzi dan M Baihaki, pada kesempatan tersebut sekaligus dilakukan pembacaan ikrar, agar para calon sanggup melaksanakan proses pemilihan ini dengan cara yang jujur dan demokratis, dan tidak saling menjelek-jelakan satu dengan yang lainnya, serta siap terpilih dan siap tidak terpilih, melaksanakan  test tulis, test wawancaa dan pengumuman hasil test.

Dari hasil seleksi tersebut keluar sebagai pemenang dan dinyatakan terpilih oleh Panitia Pemilihan adalah Fauzi, dan selanjutnya dilakukan penandatangan berkas pemilihan, untuk selanjutnya menunggu Surat Keputusan dan Pelantikan oleh Camat Sumberjambe.

Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Camat Sumberjambe  Rusdiyanto,  Danramil 0824/05 Sumberjambe Lettu Inf M Hari Yuwono, Kapolsek Sumberjambe AKP Mulyono, Kepala Desa Sumberpakem Sofyan Efendi, Kasi Pemerintahan Kecamatan Budianto dan lain-lainnya.

Usai kegiatan tersebut saat kami wawancarai  Danramil 0824/05 Sumberjambe Lettu Inf M Hari Yuwono menyampaikan,  bahwa kegiatan ini adalah bagian dari edukasi kepada masyarakat ditingkat desa, terhadap sebuah proses pemilihan pemimpin ditingkat dusun secara demokratis dan terbuka,

Menyikapi kegiatan tersebut Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, saat kami wawancarai  menyampaikan, saya sangat  apresiasi kepada perangkat kecamatan dan desa yang sinergis dalam menyelenggarakan pemilihan Kepala Dusun tersebut, saya juga menyampaikan selamat kepada penyelenggara yang telah melaksanakan kegiatan tersebut dengan tertib dan aman.

Kepada pemenang atau yang terpilih semoga dapat mengemban tugasnya sebagai Kepala Dusun dengan amanah, ingat bahwa jabatan kita itu adalah amanah dari masyarakat, kemudian bagi calon yang kebetulan belum beruntung, kedua calon tersebut  mampu sampai dipemilihan tentunya sama-sama keder terbaik di Dusun Pandian, namun karena faktor keberuntungan saja, dan kita kalau ingin mengabdi tidak harus menjadi pejabat namun sebagai masyarakat yang baik dan mendukung pemerintahan adalah bagian dari pengabdian kita kepada bangsa dan negara. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember tersebut.   (Siswandi)

 

 23 total views,  1 views today

Leave a Reply