JEMBER – Dalam rangka memelihara ketertiban dan keamanan masyarakat sebagai upaya pokok dalam mewujudkan kondusifitas dan pertahanan wilayah, semua elemen masyarakat harus memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya kerukunan, persatuan da kesatuan diantara sesama.

Hal inilah yang ingin ditanamkan kepada para petani hutan, yitu sekelompok petani yang tergabung pada Lembaga Maswarakat Daerah Hutan (LMDH) Desa Sumberrejo dan Desa Sabrang Kec Ambulu Kab Jember, yang akan bercocok tanam di Kawasan Pemangku Hutan (KPH) Sabrang, yang merupakan bagian dari  kawsan Perhutani Jember.

Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya KPH Sabrang Bambang S, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sabrang Suparno, Babinsa Sumberrejo M Khozin, Kepala Desa Sabrang Zubairi Lutfi, tokoh masyarakat dan warga petani yang akan mengerjakan lahan kemitraan di are KPH Sabrang sebanyak 75 orang.

Didampingi oleh Babinsa dan Kepala Desa,  Bambang S menyampaikan agar para petani menjaga persatuan dan kesatuan antar petani yang mengerjakan lahan disini, saling hormat menghormati, serta yang paling utama adalah mari kita ikut menjaga kelestarian tanaman hutan, justru petani yang menjadi mitra ini wajib ikut menjaga keselamatan dan tumbuhnya tanaman yang sebelum ditanami tanaman pertanian sudah ada dikawasan hutan ini.

Menyikapi kegiatan tersebut, Danramil 0824/24 Ambulu Kapten Arm Anton Hermawan saat kami konfirmasi menyampaikan bahwa tugas pendampingan dalam pengarahan kepada petani kawasan hutan tersebut merupakan permintaan dari pihak KPH Sabrang yang sebelumnya memang sudah bersinergi dengan kita Koramil Ambulu, hal tersebut sebagai bagian dalam kepedulian kita dalam  pelestarian aset hutan yang merupakan aset negara.

Demikian halnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, saat kami konfirmasi secara terpisah terkait dengan kegiatan jajarannya tersebut menyampaikan apresiasinya kepada jajaran yang bersinergi untuk bersama-sama ikut melestarikan kawasan hutan, karena kalau hutan tidak lestari dampaknya akan terjadi bencana, baik pemanasan global maupun banjir dan lain-lainnya. (Siswandi)

 

 42 total views,  1 views today

Leave a Reply