JEMBER – Sesuai dengan keputusan bersama pada rapat Forkopimda dan Para Tokoh Ulama kemarin 26/03/2020 di Pendopo Wahya Wibawa Graha pemkab Jember, memang keputusannya terkait ibadah Sholat Jum’at, Sholat berjamaah, kalau memang dilaksanakan harus memenuhi prosedur dan protap pencegahan penularan covid 19 yang sudah ditentukan.

Seperti yang dilakukan oleh Tiga Pilar Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember,  yaitu Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serka Suyadi, Lurah Mangli Khoirul Anam dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Kertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Bripka Hendri DJ, yang hadir pada Sholat Jum’at di Masjid  Al Fallah dan memberikan sosialisasi kepada jamaah.

Sosialisasi yang diberikan diantaranya agar para jmaah selalu menjaga kebersihan pola hidup bersih dan sehat (phbs), menghindari kerumunan orang, jaga jarak dengan orang lain (social distancing), selalu berdiam diri didalam rumah, kemudian penyampaian himbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait  pelaksanaan ibadah selama darurat covid 19 ini.

Danramil 0824/12 Kaliwates Kapten Inf Agus Suhartoyo terkait kegiatan anggotanya tersebut menyampaikan, bahwa hal tersebut memang sudah menjadi bagian dari kesepakatan Rapat Forkopimda bersama Ulama di Pendopo kemarin, sehingga hari ini seluruh Babinsa saya perintahkan untuk hadir dan memberikan sosialisasi bersama Tiga Pilar di masjid-masjid yang melaksanakan sholat Jum’at/Sholat berjamaah, bahkan sosialisasi tersebut juga kita lakukan secara terus menerus kepada masyarakat sehingga benar-benar memahami maksud dan tujuan daripada upaya kita dalam memerangi covid 19 tersebut.

Takmir Masjid Al Fallah Wiyono juga mendukung dilakukannya sosialisasi tersebut, agar jamaah dan masyarakat benar-benar memahami dan sadar, teritama bagaimana aturan dalam melaksanakan sholat berjamaah, sehingga kita tetap melaksanakan ibadah namun terhindar dari penularan covid 19, kewajiban kita untuk menyiapkan prasarana tambahan seperti hand sanitizer juga kita lakukan.

Sementara itu Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin saat kami konfirmasi terkait hal tersebut menyampaikan, bahwa memang hal tersebut sudah disepakati dari hasil rapat kemarin, dan seluruh jajaran Babinsa hari ini melakukan himbauan pada kegiatan Sholat Jum’at  tersebut bersama Tiga Pilar diwilayahnya masing-masing.

Saya berharap semua pihak memahami dan menyadari, tanpa mengurangi kekhidmatan kita dalam beribadah, namun ihtiar kita dalam mencegah penularan tersebut juga harus kita lakukan bersama.

Untuk itu tanpa bosan-bosannya saya mengajak dan menghimbau seluruh elemen masyarakat, mari kita satiukan tekad kita untuk melawan penyebaran virus corona, yang saat ini melanda seluruh dunia, kalau kita kompak pasti kita bisa, semoga ihtiar kita diberikan rodlo oleh Allah SWT, sehingga kita diselamatkan dari bahaya penularan covid 19 ini serta bahaya-bahaya lainnya. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember.  (Siswandi) 

 

 20 total views,  1 views today

Leave a Reply