JEMBER – Bagian dari upaya pencegahan dampak meluasnya penularan covid 19, Muspika Sumbersari terdiri dari Danramil 0824/11 Sumbersari Kapten Cba Sardi, Kapolsek Sumbersari  diwakili Ipda Iswanto dan Camat Iswandi, masing-masing hadir bersama anggotanya, kemudian Kepala Puskesmas Gladak Pakem dr Sendy bersama 10 Petugas Puskesmas Gladak Pakem, melakukan screening terhadap santri yang akan liburan dan pulang kampung.

Sebanyak 146 santriwan dan 241 santriwati  dari Pondok Pesantren  Darul Hikmah Al Ghazaalie Jln. Yos Sudarso 114 Kel. Kranjingan Kec. Sumbersari Jember, dilakukan screening kemudian diberikan arahan, sebelum mereka dijemput oleh keluarganya masing-masing.

Menurut Komandan Danramil 0824/11 Sumbersari Kapten Cba Sardi, upaya tersebut menyikapi pandemi covid 19, dimana Kabupaten Jember masuk daerah zona merah, dengan adanya 2 orang warga masyarakat yang terdampak positif covid 19, dan Kabupaten Jember dinyatakan Kondisi Luar Biasa darurat covid 19.

Sehingga kita ditingkat kecamatan juga memperketat penertiban warga, sebagai upaya untuk menyelamatkan warga masyarakat Kabupaten Jember dari bahaya penularan covid 19, terhadap para santri kita lakukan screening, dan dari hasil pemeriksaan tersebut sebnyak total 387 santri tidak ada gejala batuk, pilek dan suhu tubuh rata-rata dibawah 38 derajat.

Mereka selanjutnya kita arahkan agar patuh pada protokol kewaspadaan dengan menjaga jarak sosial dengan orang lain, rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, dan selalu dirumah mengisolasi diri selama 14 hari.

Lebih lanjut Kapten Cba Sardi menyampaikan bahwa kegiatan –kegiatan lainnya juga telah dilakukan oleh Muspika beserta jajaran dan pihak terkait, diantaranya melakukan penyemparotan prasarana umum, tempat ibadah, rumah-rumah warga, kantor dan lain-lain, sekaligus sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan cuci tangan dan menjaga jarak sosial (phisycal distancing) serta tidak melakukan kegiatan yang berpotensi berkumpulnya orang, bahkan kita setiap malam melakukan patroli terhadap hal tersebut.

Menyikapi kegiatan tersebut pengasuh Pondok Pesantren Darul Hikmah Al Ghazaalie KH Achmad Nasshikin, menyampaikan terima kasih atas dilakukannya screening terhadap para santri sebelum mereka pulang kerumahnya, hal ini tentunya untuk meyakinkan kita semua tentang kondisi badan santri, serta guna mencegah meluasnya potensi penularan covid 19, mari kita berdoa bersama-sama agar kita semua diberikan keselamatan oleh Allah SWT.

Sedangkan Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, saat kami konfirmasi terkait kegiatan jajarannya bersama pihak terkait tersebut menyampaikan,  yang pertama menyampaikan salam hormat kepada KH Achmad Nasshikin, kemudian berkaitan dengan kegiatan-kegiatan tersebut memang menjadi upaya kita secara menyeluruh diseluruh wilayah Kabupaten Jember, dalam rangka mencegah meluasnya penularan, hal ini merupakan bagian dari semagat kita untuk segera keluar dari darurat covid 19. (Siswandi)

 

 52 total views,  1 views today

Leave a Reply