JEMBER – Sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan covid 19, Muspika sebagai bagian dari Gugus Tugas Satgas Percepatan Penanggulangan Covid 19, melakukan berbagai upaya, guna melakukan pencegahan meluasnya penularan covid 19, termasuk Muspika Panti Kabupaten Jember.

Pada Selasa 21/04/2020 Muspika Panti menurunkan anggotanya diantaranya anggota Koramil 2 orang, anggotan Polsek 2 orang, Satpol PP Kecamatan 2 orang dan Petugas Puskesmas Panti sebanyak 3 orang, melakukan siaran keliling, dalam rangka membangun pemahaman warga serta kepatuhan terhadap  protokol kewaspadaan pencegahan penularan covid 19.

Seluruh Desa di Kecamatan Panti menjadi sasaran siaran keliling tersebut,  Komandan Koramil 0824/14 Panti Kapten Inf Sondah Krisyamto saat kami konfirmasi membenarkan adanya kegiatan tersebut, kita  Muspika secara bersama-sama melibatkan Puskesmas, melakukan langkah-langkah, guna melakukan upaya pencegahan, dan yang terpenting bagi adalah membangun kesadaran masyarakat.

Kita melakukan siaran keliling ini secara periodik dan berulang-ulang, sehingga masyarakat benar-benar memahami situasi yang dihadapi, sehingga mereka tidak panik dan patuh terhadap protokol kewaspadaan tersebut.

Kemudian kita juga aktif melakukan pencermatan terhadap warga yang baru datang dari luar kota maupun luar negri, bagi mereka kita lakukan  screening dan pemantauan secara terus menerus, hingga yakin keberadaannya benar-benar meyakinkan, kalaupun  sehat tetap kita lakukan arahan karantinya mandiri.  Kata Kapten Inf Sondah Krisyamto.

Menyikapi upaya Muspika Panti tersebut, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin saat kami konfirmasi menyampaikan, bahwa yang utama dalam melakukan berbagai upaya adalah kemauan masyarakat dalam menerima dan mematuhinya, sehingga apa yang kita lakukan dapat bermanfaat secara optimal dalam melindungi masyarakat itu sendiri dari bahaya penularan covid 19.

Dalam setiap kesempatan selalu saya menginstruksikan kepada Koramil Jajaran untuk melindungi diri kita saat dilapangan, dengan selalu memakai masker dan saruing tangan, yang kedua membangun kesadaran masyarakat, dua hal ini merupakan dua sisi mata uanmg yang sangat penting sekali dapam melakukan upaya utamanya upaya pencegahan penularan covid 19 ini. Kata Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

 307 total views,  1 views today

Leave a Reply