JEMBER – Sebagai upaya dalam rangka melakukan pencegahan terhadap meluasnya penularan covid 19, salah satunya adalam melakukan pencermatan terhadap warga yang baru pulang dri luar daerah maupun dari luar negri, dari luar daerah utamanya daerah zona merah, terhadap orang tersbeut harus dilakukan screening dan di karantina di Jember Sport Garden, perlakukan tegas ini dalam rangka menyelamatkan warga lainnya dri bahaya penularan covid 19.

Seperti yang dilakukan oleh Bintara Pembina Desa  (Babinsa) Mrawan Sertu Rusdiyanto bersama Bidan Fitrah Hidayati, petugas kesehatan Puskesmas Mayang melakukan screening terhadap warga masyarakat yang baru pulang dari Bali yang berdomisili di Dusun Lengkong Desa Mrawan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember.

Kondisi orang tersebut sehat dan suhu tubuhnya dibawah 38 derajat celcius, setelah dilakukan pendataan terhadap warga masyarakat tersebut, sesuai  arahan petugas Puskesmas, bahwa yang bersangkutan harus mengisolasi diri secara mandiri selama 14 hari dan harus mematuhi protokol kewaspadaan yang disosialisasikan dalam rangka menyelamatkan dirinya , keluarganya maupun masyarakat luas.

Komandan Koramil 0824/08 Mayang Kapten Caj Agus Teguh Yuwono saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan Babinsa Marawan tersebut, tugas kita dalah melakukan pendampingan sedangkan yang memiliki kewenangan secara medis adalah petugas Puskesmas, dengan adanya screening tersebut, masyarakat cukup memahami dam dengan sukarela mau melakukan isolasi mandiri.

Menyikapi kegiatan ditingkat jajaran tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin saat kami konfirmasi menyampaikan, bahwa upaya pencermatan terhadap pendatang dari daerah zona merah tersebut menjadi perhatian khusus kita dalam rangka memutus rantai penularan covid 19 ini, semua jajaran juga melakukan pencermatan terhadap warga masyarakat yang baru datang dari luar kota maupun luar negri, bersama pihak terkait.

Upaya-upaya persuasif yang dilakukan tersebut hendaknya mampu dipahami oleh semua pihak sebagai bagian dari upaya untuk menyelamatkan masyarakat dari bahaya penularan covid 19, dengan demikian maka masyarakat akan menyadari, memahami dan mematuhi prosedur kewaspadaan yang harus dilakukan agar terhindar dari bahaya penularan covid 19. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

 637 total views,  1 views today

Leave a Reply