JEMBER – Dalam rangka mengamankan semua pikhak dari bahaya penularan covid 19, pemakaman warga yang berstatus orang dalam pengawasan (ODP) hingga yang sudah positif terpapar covid 19. Dilakukan dengan prosedur khusus sesuai prosedur kewaspadaan penularan covid 19.

Hal ini seperti yang dilakukan di wilayah Koramil 0824/24 Ambulu pada Minggu 26 April 2020 Pukul 03.30 WIB bertempat di TPU  Budi Mulya Dsn Krjn Ds Ambulu Kec Ambulu, yang dilakukan pemakaman terhadap salah satu warga masyarakat yang beralamat di Dusun Krajan Desa Ambulu Kec Ambulu Kab Jember,  yang masih dalam status ODP meninggal dunia.

Adapung personel yang terlibat pada prosesi pemakaman dangan alat pelindung diri (APD) lengkap  tersebut adalah petugas dari Polsek Ambulu 4 orang, Babinsa Ambulu Pelda Kahrum, Petugas Medis dari Rumah Sakit Jember Klinik dan keluarga.

Menurut Komandan Koramil 0824/24 Ambulu Kapten Arm Anton Hermawan saat kami konfirmasi membenarkan,  adanya seorang perempuan warga Ambulu yang meninggal dalam status ODP, almarhumah memiliki  riwayat penyakit gagal ginjal dan  diabetes militus, salah satu kakinya diamputasi , dan sering cuci Darah, dan yang bersangkutan meninggal  dalam perawatan rumah sakit.

Terkait prosesi pemakamannya sudah kita sesuaikan, bahwa semua yang terlibat pada prosesi pemakaman harus menyesuaikan dengan prosedur atau protokol kewaspadaan yang telahj ditentukan, dengan APD lengkap, dalam rangka mengantisipasi penularan covid 19, bahkan Babinsa sudah kita pesan agar diamankan betul prosesinya, jhangan sampai banyak orang yang datang, yang justru menjadi potensi penularan.

Menyikapi kegiatan jajarannya tersebut, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, saat kami konfirmasi juga membenarkan adanya   salah satu pasien ODP, belum positif terpapar  dan dalam penanganan medis karena ada komplikasi penyakit ginjal dan gula darah, namun demikian meskipun masih dalam status ODP, prosedur pemakamannya tetap menyesuaikan dengan prosedur pemakaman yang telah ditentukan.

Kemarin juga da warga Puger kmeudian Mumbulsari dan lain-lain, status ODP  yang meninggal dan dilakukan pemakaman yang sama, Kita turut berbela sungkawa, dan kepada petugas medis dan petugas pemakaman saya sampaikan salut dan penghargaan yang setinggi-tingginya, semoga kita semua selamat dari bahaya penularan covid 19, dan pandemi covid 19 ini dapat segera berakhir. Kata Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

 201 total views,  1 views today

Leave a Reply