JEMBER – Kondisi darurat pandemi covid 19 saat ini memang sangat berdampak pada sosial ekonomi masyarakat, apalagi bertepatan dengan Puasa Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1441 H,  situasi ini menjadikan masyarakat kurang mampu semakin dalam situasi yang serba sulit, dikaitkan dengan penerapan pembatasan sosial guna percepatan penanganan covid 19.

Menyikapi hal tersebut berbagai pihak telah melakukan berbagai aksi kepedulian sosial dari pembagian sembako, pembagian makanan dan lain-lain, bahkan pada Minggu 10/05/2020 dilakukan pencairan bantuan langsung tunai (BLT) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) oleh petugas Kantor Pos dan Bank BNI Jember.

Diwilayah Kecamatan Kaliwates ada 1000 penerima bantuan tersebut, Muspika yang terdiri dari Camat Kaliwates  Asra Joyo Widono, Danramil 0824/12 Kaliwates Kapten Inf Agus Suhartoyo, Kapolsek Kompol Edy Widarto melakukan pengawalan langsung,dengan melibatkan seluruh anggotanya masing-masing.

Menurut Kapten Inf Agus Suhartoyo Danramil 0824/12 Kaliwates, pembagian BLT dan KKS tersebut dilakukan secara door to door, untuk itu Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Satpol PP Kecamatan, kita libatkan untuk melakukan pengawalan pembagian Bantuan Sosial (Bansos) tersebut, di 7 kelurahan wilayah Kec Kaliwates.

Saat ditanyakan jumlah penerima dan penentuan penerimanya, Kapten Inf Agus Suhartoyo menerangkan bahwa sekitar 1000 orang penerima dari 7 kelurahan, untuk penentuan dan kriteria calon penerimanya, sebelumnya sudah dilakukan musyawarah kelurahan untuk melakukan pendataan di wilayah RT dan RW untuk diusulkan ke Kelurahan, saya kira sudah berjalan sebagaimana mestinya, dan kali ini mereka tinggal menerima bansos tersebut.

Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, terkait dengan kegiatan jajarannya tersebut menyampaikan, bahwa semua pihak memang sedang sedang melakukan upaya meminimalisir sekecil mungkin dampak sosial ekonomi, dari pemberlakukan pembatasan sosial dari penanganan covid 19 ini, diantaranya mempercepat penggelontoran BLT dan lain-lain.

Hari ini saja dilakukan pencairan bagi warga masyarakat kurang mampu di 3 kecamatan kota yaitu Kaliwates, Patrang dan Sumbersari, untuk itu saya menyampaikan selamat kepada para penerima Bansos tersebut, semoga bermanfaat dimasa pandemi covid 19 ini, sekaligus dalam memenuhi kebutuhan hidup selama Puasa Ramadhan dan Jelang Idul Fitri 1441 H.  Kata Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

 

 

 290 total views,  1 views today

Leave a Reply