JEMBER – Dalam rangka mengurangi dampak sosial, disamping dilakukan penggelontoran bantuan langsung tunai dari dana desa, pemberian bantuan sembako oleh berbagai pihak, juga dilakukan pendirian dapur umum diwilayah Kecamatan.

Hal ini uga dilakukan di Kecamatan Rambipuji Kab Jember, Muspika yang terdiri dari Camat Sukowinarko, Danramil 0824/13 Rambipuji Kapten Chb Mulyadi dan Kapolsek AKP Heri Pamuji, pada Sabtu 09/05/2020, mendirikan  dapur umum dihalaman kantor kecamatan.

Dengan melibatkan anggotanya masing-masing, dibantu oleh relawan tanggap bencana, dapur umum tersebut mampu sekali memasak dan menyediakan 200 kotak makanan siap saji, yang akan dibagikan pada saat buka puasa dan sahur di wilayah kecamatan Rambipuji.

Saat kami konfirmasi pada Minggu 10/05/2020, Komandan Koramil 0824/13 Rambipuji Kapten Chb Mulyadi menyampaikan bahwa kita Muspika mendirikan dapur umum tersebut dalam rangka mengurangi dampak sosial covid 19, perlu kita ketahui bersama bahwa berbagai penerapan pembatasan sosial tentunya berimbas pada permasalahan ekonomi sosial masyarakat, dengan adanya pembagian nasi kotak tersebut diharapkan mampu mengurangi damapak tersebut.

Karena suasana saat ini bertepatan dengan suasana Puasa Ramadhan  maka kita memasak 2 kali,  kita memasak untuk dibagikan saat berbuka, kita membagikan kepada para abang becak, warga kurang mampu, pengemudi ojek dan lain-lain, selanjutnya kita memasak lagi untuk persediaan kita bagikan saat sahur. Kata Kapten Chb Mulyadi.

Menyikapi kegiatan tersebut, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, dalam konfirmasinya membenarkan adanya kegiatan Muspika Jajaran yang melakukan pendirian dapur umum untuk mengurangi dampak sosial masyarakat, kita di tingkatan Forkopimda pun juga melaksanakannya di Lipposos dan menyediakan 500 kotak nasi untuk abang becak dan warga kurang mampu.

Hal ini merupakan wujud kepedulian sosial kita terhadap masyarakat dimasa pandemi covid 19 ini, guna mengurangi dampak sosial akibat pemberlakukan pembatasan sosial dalam mendukung percepatan penanganan covid 19, dalam situasi seperti sekarang ini keterpaduan dan kebersamaan semua pihak sangat diperlukan dalam melawan covid 19 ini. Kata Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

 

 

 

 337 total views,  1 views today

Leave a Reply