JEMBER – Hari Bhayangkara merupakan hari lahirnya Kepolisian Republik Indonesia, yang selalu diperingati pada setiap tanggal 01 Juli pada setiap tahunnya, kegiatan HUT Bhayangkara tersebut biasanya diisi dengan berbagai kegioatan, seperti yang dilaukan di Polres Jember, dalam rangka Hari Bhayangkara ke 74 Tahun 2020, salah satu rangkaian kegiatannya adalan Bakti Sosial (Baksos) Donor Darah.

Baksos donor darah tersebut dilakukan di Gedung Bhayangkara Jl PB Sudirman Jember pada Rabu 17/06/2020 dengan protokol kesehatan covid 19, diikuti oleh sekitar 200 pedonor yang diundang dari berbagai instansi di Kabupaten Jember, Baksos donor darah ini mampu mengumpulkan sekitar 107 ampul darah, dalam rangka memperkuat stock darah di PMI Unjut Tranfusi Jember.

Ikut hadir pada acara bakti sosial donor darah tersebut diantaranya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, Kaplres Jember AKBP Aris Supriyono, Wakapolres Jember Kompol Wendy Syafutra,  Muspika Patrang serta Perwira Staf Polres Jember

Salah satu pedonor TNI dari Koramil 0824/01 Patrang Serka Supriyadi saat kami wawancarai menyatakan bahwa dirinya memang terbiasa donor, donor kali ini adalah donornya yang ke 26, dan kebetulan sudah saatnya donor, dengan donor sebelumnya berjarak sekitar 3 bulan.

Saat ditanyakan mengapa dirinya memutuskan menjadi salah satu pedonor darah, awalnya saya diperintahkan satuan untuk menghadiri acara donor darah, saya awalnya juga membayangkan apa tidak sakit darah kita diambil, namun setelah saya mencoba, lama kelamaan terbiasa, dan saya berpikir bahwa dengan donor ini kita menyumbangkan darah kita untuk mereka yang sedang sakit dan membutuhkan, kemudian didalam tubuh saya sendiri nantinya akan selalu terpenuhi oleh darah baru, ini logika yang saya pahami, sehingga saya memutuskan untuk mau donor darah.

Menyikapi kegiatan donor darah tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, saat kami konfirmasi usai kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa donor darah tersebut merupakan salah satu rangkaian HUT Bhayangkara, pada kesempatan ini saya juga menyampaikan Dirgahayu Hari Bahayangkara Ke 74, kepada  saudara kita Kepolisian Republik Indonesia.

Bakti sosial tersebut sangat bagus sekali apalagi ditengah pandemi covid 19, dimana persediaan darah di PMI Jember semakin menipis dengan intensitas kebutuhan yang meningkat, sehingga diharapkan ada lebih banyak bakti sosial seperti ini, dalam membantu saudara kita yang sedang sakit dan membutuhkan, saya seberanarnya  ingin donor namun belum saatnya karena tenggang waktu dari donor ke donor berikutnya minimal 2,5 bulan. Pungkas  Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

 

 

 

 

 150 total views,  1 views today

Leave a Reply