Babinsa Suco Kodim 0824 Jember Bersama PPL Lakukan Pendampingan Pengendalian Hama

JEMBER – Pendampingan pertanian yang dilakukan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Kodim 0824 Jember eksis dilakukan diseluruh wilayah jajaran karena saat ini untuk penanaman serentah diwilayah Jember bagian selatan memasuki masa pertumbuhan padi usia 20-30 hari, dimana masa terebut sebagai masa-masa pertumbuhan menjelang berbuah.

Seperti yang dilakukan di Dusun Karang Sirih Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember Babinsa Sertu Rantamse bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Hendra S yang sedang melaksanakan penampingan pengendalian hama wereng yang mulai menyerang tanaman padi petani.

Pengendalian hama wereng tersebut dengan dilakukan penyemprotan insektisida dengan dipandu oleh PPL dilahan milik  Suheni anggota kelompok tani Janur Kuning seluas 1 hektare, yang mulai diserang oleh hama tanaman wereng tersebut.

Komandan Koramil 0824/10 Mumbulsari Letda Cba Ainul Yakin membenarkan adanya kegiatan Babinsa jajarannya tersebut dalam rangka mengendalikan hama tanaman, diseluru wilayah Kecamatan Mumbulsari saat ini memang mulai didatangi hama tersebut, untuk itu saya sudah perintahkan seluruh Babinsa untuk lebih intensif memonitor perkembangan pertanian diwilayahnya sehingga dapat diambil langkah secara dini apabila ada kendala-kendala seperti itu dan terkoordinasi dengan PPL.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar terkait kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada jajaran yang telah melaksanakan pendampingan secara optimal, memang dibeberapa wilayah terdapat serangan hama wereng namun demikian hingga saat ini masih dapat dikendalikan dan saya optimis tidak akan menurunkan produktifitas tanaman padi secara global, karena ada juga wilayah-wilayah yang dapat berproduksi secara maksimal. (siswandi) 

Author: Siswandi

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *