Bersama Bupati Jember, Komandan Kodim 0824/Jember Hadiri Grebeg Suro Puger

 

 

JEMBER – Peringatan tahun bari Islam dari 1440 Hijriah ke 1441 Hijriah menuai beragam ekspresi masyarakat dalam menyemarakannya, bahkan hal ini  oleh orang Jawa sering diistilahkan dengan peringatan 1 Suro, muharram Muharram merupakan istilah bulan dalam penanggalan Arab, sedangkan di penanggalan Jawa di sebut bulan Suro.

Seperti yang dilakukan di Kecamatan Puger Kabupaten Jember dalam setiap tahunnya selalu memperingatinya dengan ciri khas tersendiri, yaitu dengan istilah Grebeg Suro, yang ditandai dengan selamatan dan mengarak serta melarung sesajian dari berbagai hasil alam, ke tengah laut, pada Sabtu 14/09/2019.

Kontan ribuan masyarakat menyatu di alun alun Puger, dengan berbagai sesajian yang disediakan, Ketua Panitia yang juga Camat Puger Moh Winardi menyampaikan, bahwa bahwa Grebeg Suro ini merupakan wujud rasa syukur masyarakat terhadap rejeki yang sudah diterima pada waktu yang lalu, selanjutnya memohon limpahan rejeki diwaktu yang akan datang, termasuk keselamatan dan lain-lain.

Hadir diantaranya Bupati Jember dr Hj Faida MMR, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, serta perwakilan Forkopimda lainnya, yang didaulat untuk menaiki kereta kencana dari alun-alun Puger mengikuti sesajian hasil alam yang akan dilarung ke laut, tepatnya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Puger yang dilepas oleh Bupati Jember dr.Hj Faida MMR.

Usai kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin saat kami konfirmasi tanggapannya terkait kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan Grebeg Suro dan Larung Sesaji tersebut sebagai bagian dari pelestarian seni budaya yang sudah berlangsung bertahun-tahun dan sudah turun temurun dari generasi ke generasi.

Hal ini merupakan bagian dari aset budaya daerah yang dapat kita kembangkan sebagai salah satu destinasi wisata, dengan demikian tentunya akan  disamping meningkatkan semangat pelestarian budaya juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Lebih lanjut Letkol Inf La Ode M Nurdin juga menambahkan bahwa ini merupakan wujud  rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT, dan orang yang pandai bersyukur tentunya akan lebih ditingkatkan rejeki dan nikmat hidupnya. Pungkas Komandan Kodim 0824/Jember yang hari ini tepat menjabat selama satu bulan tersebut.  (Siswandi)

 

Author: Siswandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *