Danramil 0824/11 Sumbersari Berikan Materi Wasbang Kepada 1000 Siswa Sekolah dibawah Yayasan Pondok Pesantren Nurul Islam

Jember.          Bertempat di Komplek Pondok Pesantren Nurul Islam Jl Pangandaran 48 Jember yang masuk wilayah Kelurahan Antirogo Kec Sumbersari Kabupaten Jember pada Rabu 05/12/2018 Pukul 08.30 Wib dilaksanakan Pemberian Materi wawasan Kebangsaan (Wasbang) oleh Danramil 0824/11 Sumbersari Kapten Cba Sardi.

Pemberian Materi Wasbang tersebut merupakan permohonan dari Pihak Yayasan kepada Koramin 0824/11 untuk memberikan pembekalan dan pemantapan Kedisiplinan dan Bela Negara kepada siswa-siswi Mts dan SMK dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren (PP) Nurul Islam.

Pada kesempatan tersebut Kapten Cba Sardi didampingi oleh Babinsa Sertu M Tarigan dihadapan 1000 siswa-siswi yang hadir mengajak adik-adik untuk memanfaatkan kesempatan belajar ini dengan baik, serap ilmu pengetahuan sehingga kelak menjadi generasi yang meguasai ilmu pengetahuan dan cerdas.

Kemudian mari kita biasakan hidup tertib, disiplin, bermoral etika yang baik, sopan santun kepada guru dan hormat menghormati terhadap kawan-kawan kita, biasakan kehidupan disiplin pada diri kita.

Sebagai generasi penerus bangsa adik-adik haris mempersiapkan diri disamping cerdas, disiplin tentunya harus memiliki karakter, dan karakter terebut dapat kita bentuk dengan memperkaya wawasan kita termasuk wawasan kebangsaan seperti yang saya sampaikan ini.

Tema materi yang saya sampaikan ini adalah “Mewujudkan Generasi Sadar dan Taat Hukum Serta Siap Bela Negara” yang tentunya dapat kita wujudkan kalau kita mampu melaksnakan hal-hal yang kita sampaikan diatas yaitu hidup tertib, disiplin, bermoral etika yang baik, sopan santun kepada guru dan hormat menghormati terhadap kawan-kawan kita, biasakan kehidupan disiplin pada diri kita.

Materi ini tentunya sesuai dengan UUD 1945 pasal 30 pasal 1 yang berbunyi bahwa “Tiap-tiap Warga Negara Berhak dan Wajib ikut Serta Dalam Usaha Pertahanan dan Keamanan Negara”. Yang memiliki makna bahwa setiap warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama yaitu hak untuk ikut serta dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara. Yang Berarti warga negara diharuskan supaya bisa turut serta dalam usaha mempertahanan negara dari gangguan ancaman baik itu dari luar maupun dari dalam negeri.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Koramil Jajarannya dalam memberikan pembekalan dan pembinaan kepada pelajar sebagai bagian strategis generasi bangsa.

Disamping merupakan kegiatan program yang merupakan bagian dari Pembinaan Teritorial kegiatan tersebut juga merupakan keberlanjutan dari Program Satu Sekolah Satu TNI  dalam membantu Pemerintah Daerah kab jember  guna membangun Jember melalui Pembangunan sumberdaya manusianya. (sis24)

Author: Siswandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *