Eksistensi Pendampingan Pertanian Oleh Babinsa Wuluhan Kodim 0824/Jember, Guna Meningkatkan Produktifitas Pertanian

 

JEMBER – Sebagai bagian dari tugas Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) juga melaksanakan pendampingan pertanian sebagai bagian dari tugaas Binter tersebut, bersinergi bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) dalam meningkatkan produksi pertanian diwilayah binaannya.

Seperti yang dilakukan di wilayah Koramil 0824/23 Wuluhan pada Rabu 31/07/2019 oleh Babinsa Dukuh Dempok Serda Darminto yang melaksnaakan pengecekkan kios pupuk dan obat pertanian UD Sri Jaya yang berlokasi di Dusun Wuluhan Desa Dukuhdempok Kec Wuluhan Kab jember, terkait keberadaan pupuk dan obat pertanian yang hingga saat ini masih mencukupi untuk kebutuhan pertanian didesa tersebut, sehingga petani dijamin tidak mengalami kesulitan mendapatkannya.

Kemudian Babinsa Tanjungrejo Kec Wuluhan Kab jember Serka Adif Mustofa, yang juga melaksanakan pendampingan panen dilahan Kelompok Tani Margi Waluyo tepatnya dilahan milik H Sugianto, seluas 1 hektar dengan perolehan 8,5 ton gabah kering panen, dengan melakukan sosialisasi dan himbauan untuk menjual hasil panennya kepada Bulog Sub Divre Jember dalam rangka memperkuat stock gabah pemerintah, serta himbauan percepatan tanam dalam rangka meningkatkan luas tambah tanam sekaligus efektifitas waktu dan penghematan pembiayaan dengan pengolahan lahan dan menanam menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan).

Menurut Komandan Koramil 0824/23 Wuluhan Kapten Inf Suwarno, tugas-tugas pendampingan seperti itu memang menjadi bagian tugas Babinsa dalam mendukung program ketahanan pangan nasional, dalam mewujudkan swa sembada pangan khususnya padi, jagung dan kedelai, hal tersebut selalu eksis dilakukan diwilayah Koramil Wuluhan bersinergi dengan PPL dan kelompok tani.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar dalam wawancaranya terkait kegiatan tersebut, memberikan apresiasi kepada Koramil dan Babinsa jajarannya dalam melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian, sebagai implementasi kerjasama antara Kementrian Pertanian RI dan TNI AD, dalam meningkatkan produktifitas pertanian, guna mewujudkan swa sembada pangan nasional.

Lebih Lanjut Komandan Kodim 0824/Jember menerangkan bahwa keberadaan dan eksistensi Babinsa dalam pendampingan pertanian sangatkan beralasan, karena kebutuhan pangan adalah kebutuhan dasar manusia, sehingga terwujudnya kedaulatan pangan tentu saja akan memperkuat kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), inilah korelasinya dengan tugas pembinaan teritorial dalam mewujudkan kekuatan pertahanan wilayah. Pungkasnya. (Siswandi)

 

Author: Siswandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *