Hebat…! Kaum Disabilitas Jember Semarakkan Kirab Merah Putih

JEMBER – Semarak Kirab Merah Putih Dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 74 Kemerdekaan RI, semakai meriah dengan kehadiran kaum disabilitas Jember, yang tergabung pada Disabilitas Motor Indonesia (DMI) Jember, menggunakan sepeda motor  modifikasi khusus dengan riasan bendera merah putih.

Sebanyak 30 unit sepeda modifikasi khusus dengan rumbai dan bendera merah putih tersebut ikut konvoi mengikuti perjalanan pasukan yang menggikuti Kirab Merah Putih start dari Gedung Dewan Harian Daerah (DHD) 45 menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Patrang dengan jarak tempuh sekitar 5 Km.

Menurut Antok Ketua Komunitas Disabilitas Motor Indonesia (Ketua DMI) Jember,  dalam wawancaranya menyampaikan bahwa dirinya bangga dengan dilibatkannya para komunitas difabel pada kegiatan Kirab Merah Putih ini, kita walaupun memiliki keterbatasan  fisik, kita tetap harus menghargai jasa-jasa para pahlawan pejuang kemerdekaan, kita harus mencontoh, kita harus tetap berjuang memperjuangkan pemenuhan hak-hak dasar kaum difabel, agar undang-undang, perda maupun perpu maupun pergub kaitannya dengan difabel dapat terimplementasi dan teraplikasi nyata.

Senada edngan yang disampaikan oleh Keytua DMI Jember,  Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Jember Sri Lestari terkait Kirab Merah Putih ini sangat senang sekali kita dari komunitas disabilitas Jember, ikut dilibatkan, sehingga kita dapat bergembira, bersilaturahmi dengan kawan-kawan deri berbagai daerah di Kab Jember, bahkan kita memperkenalkan kedai kami ini yaitu Kedai Juang 45, kaum disabilitas adalah bagian dari bangsa Indonesia yang meiliki kesamaan semangat sebagai pewaris perjuangan para pahlawan dalam mewujudkan dan mempertahankan Kemerdekaan indonesia.

Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Laode M Nurdin saat kami konfirmasi terkait pelaksanaan Kirab Merah Puti dan Tabur Bunga, yang diikuti oleh berbagai komunitas termasuk komunitas difabel ini menyampaikan, bahwa dirinya sangat bangga sekali, untuk itu saya sebenarnya sangat ingin hadir, namun karena ada kegiatan dinas yang harus saya hadiri di Surabaya sehingga saya wakilkan kepada Kepala Staf Kodim 0824/jember Mayor Inf Sampak.

Salam Hormat saya kepada sesepuh veteran, purnawirawan, Panitia Kirab dan seluruh peserta Kirab Merah Putih Ke 2 ini, terima kasih kegiatan tersebut tetap jalan, karena kegiatan terebut memiliki nilai yang sangat strategis dalam mewujudkan kemantapan pertahanan negara, yang menganut Sistem Pertahanan Semesta. Kata Letkol Laode M Nurdin.

Dengan sistem pertahanan semesta tersebut kita harus didukung oleh masyarakat yang memiliki kemantapan bela negara, rasa cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan, untuk itu  saya sangat mengapresiasi dengan pelibatah semua komponen baik kalangan pelajar, mahasiswa, generasi muda bahkan komunitas disabilitas, suatu hal yang sangat ironis bagi kaum disabilitas yang memiliki semangat dan sangat menghargai jasa-jasa para pahlawan kusuma bangsa, mereka benar-benar hebat dan patut kita tauladani bersama. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)   

 

 

 

Author: Siswandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *