Hujan Angin Porak Porandakan Atap Rumah Warga Desa Tegal Waru, Babinsa Turun Lakukan Upaya Tanggap Darurat Bersama Masyarakat

 

 

JEMBER – Cuaca pada Rabu 04/12/2019 sekitar pukul 13.00- 13.30 Wib memang turun hujan dibeberapa tempat termasuk di Desa Tegal Waru Kec Mayang Kab Jember yang disertai anging kencang sehingga ada beberapa pohon tumbang yang memutus saluran PLN serta memporak porandakan sekitar 34 rumah warga.

Mendengar kejadian tersebut Bintara Pembina Desa Tegal Waru Serka Tomas Cardoso langsung turun kelapangan, sejenak melakukan pendataan sementara dan melaporkan kejadian tersebut kepada Komandan Koramil 0824/08 Mayang, untuk dilaporkan lebih lanjut ke Komando Atas.

Selanjutnya sambil menunggu bantuan dari pihak Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Jember dan relawan lainnya, Serka Tomas Cardoso melakukan penanganan terhadap rumah-rumah yang kondisinya rusak ringan, yang gentengnya porak-poranda dan tidak ada kerusakan dilakukan penataan kembali bersama masyarakat. 

Menerima laporan dari Babinsa jajarannya tersebut Komandan Koramil 0824/08 Mayang Lettu Caj Agus Teguh Yuwono langsung koordinasi dengan Camat dan Kapolsek Mayang untuk mengambil langkah-langkah koordinasi lebih lanjut serta melaporkan kejadian terseut kepada Komandan Kodim 0824/jember.

Hingga saat ini langkah-langkah tanggap darurat sedang dilakukan oleh Koramil bersama Kecamatan dan polsek Mayang diperkuat oleh BPBD Jember, Pihak PLN  dan sejumlah relawan untuk melakukan normalisasi sementara.

Menyikapi kejadian tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin,  saat kami wawancarai menyampaikan terima kasih kepada Koramil dan Babinsa  Jajarannya yang telah melakukan langkah cepat dalam membantu upaya  tanggap darurat, saya juga sudah melakukan komunikasi  dengan BPBD Jember dan pihak terkait guna melakukan reaksi  cepat, termasuk pembenahan kembali kabel PLN yang putus, sehingga tidak terkendala penerangan dan lain-lain.

Lebih lanjut Letkol Inf La Ode M Nurdin menyampaikan, bahwa Kejadian hari ini tidak hanya di Mayang namun juga menimpa beberapa rumah di Kec Kalisat Kecamatan Arjasa, Kemudian pada setiap kesempatan kita sudah memerintahkan Komandan Koramil Jajaran untuk lebih intensif dalam melakukan monitoring perkembangan situasi diwilayah tanggung jawabnya, seperti ini hujan yang turun hanya sekitar setengah jam saja, namun berdampak seperti itu, sehingga kalau kita mengetahui secara dini akan dapat kita ambil langkah-langkah secara cepat. Pungkasnya. (Siswandi)

 

Author: Siswandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *