Kepala Staf kodim 0824/Jember Berikan Wasbang Kejuangan Secara Singkat Kepada Pelajar dan Mahasiswa Peserta Kirab Merah Putih Disekitar Pusara Pahlawan Kusuma Bangsa.

 

 

JEMBER – Usai melaksanakan kegiatan Kirab Merah Putih ke 2 dan Tabur Bunga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke 74 Kemerdekaan Republkik Indonesai  (HUT Ke 74 Kemerdekaan RI),  Pada Kamis 15/08/2019, pelajar dan mahasiswa peserta Kirab Merah Putih dikumpulkan untuk mendapatkan pengarahan dan Wawasan Kebangsaan Kejuangan dari Kepala Staf kodim 0824 Mayor Inf Sampak.

Kepada  300 pelajar dan mahasiswa tersebut, sengaja kita duduk di sekitar Pusara para Pahlawan Kusuma Bangsa,  Mayor Inf Sampak menyampaikan  sengaja kita duduk di sekitar Pusara para Pahlawan Kusuma Bangsa,  mengingatkan bahwa Kemerdekaan Indonesia didapat dengan susah payah, bayangkan selama 350 tahun negara kita dijajah oleh Belanda, 3,5 tahun kita dijajah oleh Jepang, dan pada masa penjajahan tersebut berbagai upaya perjuangan para pahlawan seperti Pangeran Diponegoro, Cut Nya’din, Imam Bonjol dan lain-lain, hingga mereka gugur pun belum mampu mewujudkan kemerdekaan.

Hingga pada tahun 1908 berdirinya Boedi Oetomo, awal dikenalnya organisasi dan nasionalisme perjuangan tersebut dilakukan, sehingga sebelumnya mengalami kegagalan demi kegagalan karena perjuangannya bersifat kedaerahan, sehingga sejak 1908 tersebut perjuangan bangsa Indonesia dilakukan secara nasional, bahkan dilakukan Konggres Pemuda 1928 dan peristiwa-peristiwa lainnya, hingga pada 17 Agustus 1945 terjadinya Proklamasi Kemerdekaan RI, menandai kemerdekaan Bangsa Indonesia dari belenggu penjajah.

Tidak hanya berneti disitu, pada tahun – tahun berikutnya bangsa-bangsa lain tersebut tetap ingin menguasai Indonesia melalui Agresi Belanda I dan Agresi Belanda II dan lain-lain, itulah upaya-upaya pendahulu-pendahulu kita dalam mewujudkan dan mempertahankan kemerdekaan. Kata Mayor Inf Sampak.

Untuk itu pada kesempatan ini saya mengajak adik-adik pelajar dan mahasiswa, manfaatkanlah waktu dan kesempatan belajar adik-adik ini dengan sebaik-baiknya, ukir prestasimu, inilah perjuanganmu di era kemerdekaan ini sebagai bagian dari rasa bela negara, inilah kewajiban generasi bangsa dalam mengisi kemerdekaan melalui bidang dan profesi masing-masing, yang berdagang ya berdagang yang baik, yang guru harus menjadi guru yang baik dan seterusnya. Tegas  Mayor Inf Sampak.

Termasuk kegiatan Kirab Merah Putih dan Tabur Bunga yang kita lakukan kali ini, adalah bagian dari upaya kita dalam membumikan semangat kejuangan, jiwa patriotisme, untuk itu saya menyampaikan terima kasih kepada adik-adik yang telah mengikuti kegiatan ini, semoga nilai-nila kejuangan para pahlawan selalu melekat pada diri kita, terutama adik-adik ini sebagai generasi penerus bangsa.   (Siswandi)

 

Author: Siswandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *