Kirab Merah Putih Ditutup Dengan Ziarah Di TMP Patrang Dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Kodim 0824/Jember

 

JEMBER – Diinisiasi oleh Badan Pembudayaan Kejuangan 45 (BPK’45) yang merupakan pembaharuan dari Dewan Harian Daerah (DHD 45), Kirab Merah Putih Ke 2 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun  Ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT Ke 74 Kemerdekaan RI) menyelenggarakan Kirab Merah Putih diakhiri dengan tabur bunga, pada Kamis 15/08/2019.

Diikuti oleh 1 pleton TNI personel Kodim 0824/Jember, 3 pleton pelajar SMP, 2 pleton Pramuka, 2 pleton Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan  dr. Subandi,  juga hadir sesepuh dari Pepabri, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD, Persatuan Purnawirawan Polri (PP Polri), Pemuda Panca Marga (PPM), Pemuda Pancasila (PPS), Forum Komunikasi Putra-putri TNI-Polri (FKPPI), bahkan dari Komunitas Disabilitas Jember juga hadir meramaikan kirab tersebut.

Usai melaksanakan Kiram Merah Putih yang start dari gedung BPK 45 Jl Bengawan Solo menuju TMP Patrang menempuh jarak sekitar 5 Km, disepanjang jalan mendapatkan sambutan dari masyarakat maupun siswa siswi Sekolah Dasar (SD) dengan membawa bendera kertas merah putih, di Gerbang Masuk  Taman Makam Pahlawan Sang Saka Merah Putih diserahkan oleh Pimpinan Kirab Merah Putih kepada Kepala Staf Kodim 0824 Mayor Inf Sampak.

Dengan penyerahan bendera tersebut  tanda diakhirinya Kirab Merah Putih tersebut, selanjutnya seluruh peserta dan hadirin memasukki Taman Makam Pahlawan (TMP) Patrang untuk melakukan upacara ziarah dan ditutup dengan tabur bunga dimakam para pahlawan kusuma bangsa.

Ir Sijatmiko sebagai inisiator dan salah satu pengurus BPK 45 saat kami konfirmasi menyampaikan bahwa Kirab Ke 2 ini dapat dibilang lebih sukses dari sebelumnya, jumlah peserta relatif lebih banyak, ini yang patut kita banggakan, bahkan dari pelajar, mahasiswa dan generasi muda serta komunitas disabilitas pun ikut meramaikan Kirab Merah Putih ke -2 ini. Kegiatan-kegiatan seperti ini merupakan bagian dari ranah kita dalam upaya memelihara nilai-nilai kejuangan yang diwariskan oleh para Pahlawan dalam merebuh Kemerdekaan RI, yang merupakan fisi dari BPK 45 Jember.

Ada sekitar 1000 orang peserta Kirab dan Ziarah ini, hal ini menjadi agenda tahunan kita yang akan kita selenggarakan pada setiap tanggal 15 Agustus, sebagai bagian dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI, kegiatan seperti  ini diharapkan membudaya di masyarakat, ditengah-tengah pengaruh global yang demikian masivnya, sehingga nilai-nilai kejuangan tersebut akan selalu melekat dalam kehidupan kita dialam kemerdekaan ini, melalui berbagai profesi bidangnya masing-masing. Pungkas Ir Sujatmiko.

Demikian halnya Kepala Staf Kodim 0824/Jember Mayor Inf Sampak saat diwawancarai awak media menyampaikan, bahwa dirinya mewakili Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Laode M Nurdin yang saat ini sedang ada kegiatan dinas di Surabaya, beliau salam hormat kepada sesepuh-sesepuh kita, kepada peserta Kirab Merah Putih ini bahwa tidak dapat menghadiri sendiri dan diwakilkan kepada saya.

Kita tentunya sangat mendukung kegiatan seperti ini, dalam rangka menanamkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan kepada generasi muda, mereka harus tahu bahwa kemerdekaan Indonesia diraih melalui perjuangan para pahwalan kusuma bangsa, yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya, termasuk yang berada di Taman Makam Pahlawan ini.

Dengan melekatnya nilai-nilai kejuangan dihati generasi muda  dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia maka semangat dan rasa cinta tanah air, rasa bela negara generasi muda dan masyarakat akan selalu berkobar, sebagai bagian dari kekuatan pertahanan negara, kita sudah membuktikan bahwa semangat perjuangan tersebut mampu mengalahkan kecanggihan peralatan perang Belanda pada saat perjuangan merebut maupun mempertahankan kemerdekaan. Pungkas  Kepala Staf Kodim 0824/Jember tersebut. (Siswandi)

 

 

Author: Siswandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *