Komandan Kodim 0824/Jember : Anggota Harus Paham Hukum dan Miliki Mental Tangguh Dalam Mendukung Pelaksanaan Tugas

 

JEMBER – Bertempat.di Aula Kodim 0824/Jember, Pada Rabu 15/01/2020 Pukul 08.00 Wib dilaksanakan Penyuluhan Hukum dan Pembinaan Mental Terpadu, yang bertujuan untuk meminimalisir pelanggaran hukum anggota.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Staf Kodim 0824/Jember Mayor Inf Sampak, mewakili Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin yang sedang melaksanakan dinas ke Kodam V/Brw Surabaya.

Pada kesempatan tersebut Mayor Inf Sampak menyampaikan selamat datang kepada Kepala Seksi Personalia (Kasi Pers) Korem 083/Bdj Letkol Kav Mahfudz selaku ketua Tim Penyuluh, Kapten Chk Baharudin Dan Kapten Inf Sugiyanto Selaku penyaji materi penyuluhan Hukum dan Pembinaan Mental (Bintal), kepada anggota militer dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Persit Kartika Chandra Kirana (Persit KCK) Cabang 38 Kodim 0824, mari kita ikuti penyuluhan ini sehingga kita memahami dan menghindari hal-hal yang melanggar hukum tersebut.

Selanjutnya Kasipers Korem 083/Bdj dalam kata pengantarnya menyampaikan bahwa keberadaan program Penyuluhan Hukum dan Bintal Terpadu ini dilaksanakan dalam rangka mengingatkan kembali, agar kita lebih paham dan selalu sadar hukum, dan saya bersyukur di Kodim 0824/Jember ini hingga saat ini tidak terdapat pelanggaran anggota, ini merupakan salah satu keberhasilan pembinaan satuan.

Pada pemberian materi penyuluhan Hukum disampaikan hal-hal menyangkut tehnis proses hukum serta jenis-jenis pelanggaran, yang sering terjadi pada diri prajurit, yang banyak diakibatkan karena faktor ekonomi dan lain-lain, demikian pula pada Pembinaan Mental, hal-hal yang memicu terjadinya pertengkaran pada keluarga, tidak adanya rasa saling pengertian dan lain-lain, sehingga sampai ke perceraian, dan yang menjadi korban tentunya anak-anaknya.

Menyikapi hal tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, saat kami konfirmasi via seluler menyampaikan,  Penyuluhan dan Bintal Terpadu tersebut merupakan bagian dari upaya Komando Atas dalam membekali anggota, sehingga jangan sampai terjadi pelanggaran serta hal-hal yang merugikan keluarga dan dinas.

Untuk itu pada kesempatan ini saya sangat berterima kasih kepada Kasipers Korem 083/Bdj yang telah memberikan penyuluhan kepada anggota Kodim 0824/Jember, anggota Kodim 0824 harus paham hukum dan memiliki mental yang tangguh, pembinaan internal seperti ini selalu kita lakukan sebagai landasan moril dalam melaksanakan tugas sebagai prajurit Komando Kewilayahan. Pungkas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

 

Author: Siswandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *