Komandan Kodim 0824 Jember Apresiasi Babinsa Gugut Koramil 0824/13 Rambipuji,  Bantu Masyarakat Bersihkan Saluran Irigasi

 

 

JEMBER – Keluhan masyarakat petani Desa Gugut Kec Rambipuji Kab Jember  minimnya pengairan irigasi di lahan sawahnya,  disamping akibat dari kemarau panjang juga dikarenakan adanya pendangkalan dibeberapa bagian saluran irigasi tersebut.

Berdasarkan kondisi tersebut akhirnya pada Rabu 04/12/2019 Pukul 07.00 Wib dilakukan kerja bakti pembersihan saluran irigasi oleh 67 orang masyarakat petani yang tergabung pada Himpunan petani Pemakai Air (HIPPA), di bantu Bintara Pembina Desa (Babinsa) Gugut Serka Cumat bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Sutrisno dan staf Dinas pengairan Kecamatan Rambipuji melakukan pembersihan disepanjang 150 meter saluran irigasi di Dusun Krajan Desa Guhgut tersebut.

Menurut Serka Cumat disela-sela kegiatan saat kami wawancarai menyampaikan bahwa kondisi aliran irigasi disini memang mengalami pendangkalan akibat banyaknya gulma dan rerumputan liar yang tumbuh, saluran ini berpotensi mengairi persawahan sekitar 57 hektar milik masyarakat petani, sehingga petani sepakat untuk melakukan kerja bakti pembersihan ini.

Sementara itu Pelaksana harian Komandan Koramil 0824/13 Rambipuji  Kapten Inf Ismianto saat kami wawancarai terkait hal tersebut menerangkan, bahwa keberadaan Babinsa tersebut disamping dalam rangka membantu menyelesaikan permasalahan pengairan, tentunya juga merupakan bagian dari penampingan Program Ketahanan Pangan Nasional, dalam rangka meningkatkan produktifitas pertanian melaalui pemenuhan kebutuhan irigasi dengan normalisasi saluran.

Sedangkan Komandan Kodim 0824/Jember letkol Inf La Ode M Nurdin secara terpisah dalam konfirmasinya menyampaikan apresiasinya kepada Babinsa bersama pihak terkait yang turun membantu petani dalam normalisasi irigasi tersebut. Apalagi saat ini sudah mulai adanya hujan, hal tersebut tentunya disamping meperlancar irigasi pertanian, tentunya akan mengurangi dampak banjir dilokasi tersebut.

Langkah-langkah seperti ini yang perlu dilakukan,  disamping dalam rangka pendampingan Program Ketahanan Pangan nasional, dengan keberadaan Babinsa tersebut tentunya akan memotivasi kegotong royongan masyarakat serta memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat. (Siswandi)

 

 

Author: Siswandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *