Komandan Koramil 0824/23 Wuluhan Saat Hadiri Pembentukan Destana : Mengajak Masyarakat Waspada Bencana

 

 

JEMBER – Kondisi alam yang sering mengalami perubahan secara signifikan memang tidak dapat menjamin daerah disekitar kita lebih aman dari bencana, satu misal bencana angin puting beliung yang dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, inilah yang menjadikan Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Jember, membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana).

Seperti yang dilakukan di Balai Desa Ampel Kec Wuluhan Kab Jember pada Senin 02/12/2019 Pukul 10.30 Wib yang dilaksanakan pembentukan Destana, hadir diantaranya Komandan Koramil 0824/23 Wuluhan Kapten inf Suwarno, Camat Wuluhan Machmud Rizal,  Kapolsek Wuluhan AKP Ahmad Mustofa, Kepala Desa Ampel M Sholeh, dari BPBD Jember Rudi S,  tokoh agama dan tokoh maysarakat serta kader Destana Desa Ampel.

Destana beranggotakan  pemuda desa, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), dan segenap relawan lainnya, yang bertugas menjadi relawan guna melakukan upaya tanggap darurat awal apabila terjadi bencana diwilayah desa tersebut, dibawah pembinaan dan koordinasi BPBD Jember.

Dalam kata sambutannya Komandan Koramil 0824/23 Wuluhan Kapten Inf Suwarno mengajak semua pihak untuk waspada bencana, kita harus selalu meningkatkan kewaspadaan kita, karena disemua wilayah tidak ada yang dapat dijamin aman dari bencana, untuk itu saya sangat mendukung dibentuknya Destana ini.

Terkait kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin saat kami wawancarai menyampaikan,  upaya seperti itu sebagai bagian dari upaya dini perlu kita dukung bersama, dalam mengurangi resiko apabila terjadi bencana alam di desa tersebut.

Benar sekali apa yang dikatakan oleh komandan Koramil 0824/23 Wuluhan bahwa tidak ada tempat yang terjamin aman dari bencana, namun kita tidak perlu takut akan hal tersebut, tetapi kita harus selalu waspada, dengan dibentuknya Destana ini minimal ada satu organisasi relawan disetiap desa dalam mengambil langkah-langkah awal tanggal darurat apabila terjadi bencana. Pungkas Komandan Kodim 0824/Jember tersebut. (Siswandi)

 

Author: Siswandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *