Koramil Patrang Kodim 0824 Bersama GM FKPPI Jember dan Brigif Raider 9/2 Kostrad Melaksankan Karya Bakti Pembersihan Monumen Palagan Jumerto

JEMBER – Bertempat di Monumen Palagan Jumerto Kelurahan Jumerto Kecamatan Patrang Kabupaten Jember pada Minggu 10/02/2019 Pukul 07.00 Wib dilaksanakan Karya Bakti TNI dengan sasaran pembersihan lokasi Monumen Palagan Jumerto sebagai bagian dari tetenger sejarah perjuangan para Pahlawan Kusuma Bangsa dalam mempertahankan Kemerdekaan RI,  kegiatan tersebut melibatkan Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI-Polri (GM FKPPI) Binaan Kodim 0824 Jember.

Ikut Terlibat dalam Karya Bakti TNI tersebut diantaranya 15 orang anggota GM FKPPI Jember, 5 orang anggota Koramil 0824/01 Patrang, Personel Brigif Raider 9/2 Kostrad dipimpin oleh Kapten Inf Hariyanto sebanyak 15 orang dan warga masyarakat sebanyak 15 orang, juga hadir pada kesempatan terebut Lurah Jumerto Wiyono.

Ketua GM FKPPI Jember Bambang Sugiyanto saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kita bersama bapak-bapak pembina kita melakukan kegiatan bersih-bersih ini sekaligus ikut mengenang dan merenungi sejarah perjuangan bangsa, disinilah dahulu terjadinya kontak senjata hingga gugurnya para pahlawan kusuma bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan.

Sebagai generasi muda, sebagai generasi bangsa kita harus sadar bahwa kemerdekaan yang kita nikmati saat ini merupakan jerih payah dari perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan bahkan nyawanya untuk mewujudkannya, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang senantias menghoramti jasa-jasa para pahlawannya. Tegas Bambang Sugiyanto.

Bahkan kegiatan bersih-bersih ini merupakan kegiatan awal karena nantinya pada 16/02/2019 akan kita laksanakan Drama Kolosal Mengenang 70 Tahun Pertempuran yang dikenal dengan Palagan Jumerto ini.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan seperti itu memang harus tumbuh dengan sendirinya dikalangan generasi muda bangsa ini, seperti yang dilakukan oleh GM FKPPI merupakan salah satu upaya dalam menguatkan kesadaran kita akan sejarah perjuangan bangsa.

Lebih Lanjut Komandan Kodim 0824 Menyampaikan sebagai generasi yang tinggal menikmati kemerdekaan kita wajib mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif dan yang utama adalah upaya menenamkan nilai-nilai kejuangan tersebut kepada generasi penerus kita, diakhir wawancaranya Komandan Kodim 0824 juga menyampaikan terima kasih kepada Komandan Brigif Raider 9/2 Kostrad yang telah memperbantukan personelnya pada kegiatan terebut. (siswandi)

 

Author: Siswandi

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *