Menanamkan Nilai KeJuangan Secara Dini Kepada Siswa – Siswi SD Rukun Harapan, Sebagai Bagian Dari Penguatan Bela Negara

 

 

JEMBER – Bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Patrang pada Jum’at  16/08/2019 Pukul 08.00 Wib dilaksanakan Upacara Ziarah dan Tabur Bunga oleh Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Ranting Kaliwates bersama siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) Rukun Harapan.

Dipimpin Kapten Purn Sukamto Ketua LVRI Ranting Kaliwates Upacara Ziarah dilakukan dengan penuh Khidmat oleh 190 orang adik-adik pelajar SD Rukun Harapan tersebut, usai melakukan upacara mereka langsung melaksanakan tabur bunga bersama-sama, adik-adik pelajar tersebut sangat senang sekali karena akhirnya tahu makam pahlawan kebanggaan Jember seperti  makam Letkol Purn dr. Soebandi dan para pahlawan lainnya yang telah mengorbankan jiwa raganya demi kemerdekaan Indonesia.

Adik-adik pelajar tersebut sesuai keyakinan agamanya duduk sambil mendo’akan para pahlawan kemudian menabur bunga di pusara para pahlawan, kita memahamkan kepada mereka terhadap jasa-jasa para pahlawan dalam mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia yang kita rasakan bersama saat ini, kita menghirup udara merdeka ini karena  pengorbanan para pahlawan tersebut. Kata Sarinah Kepala Sekolah SD Rukun Harapan.

Lebih lanjut Sarinah menerangkan bahwa dalam rangka HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia ini disamping tadi kita melaksanakan Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Patrang, kita juga mengadakan lomba-lomba serta menghias sekolah dengan rumbai-rumbai merah putih, dan kegiatan kedepan kita akan terus bekerjasama dengan LVRI, Kodim 0824/Jember dan lain-lain untuk menanamkan wawasan kejuangan, wawasan kebangsaan dan lain-lainnya.

Menurut Kapten Purn Sukamto acara ini terwujud karena ada inisiasi dari SD Rukun Harapan untuk membuat acara penanaman Bela Negara secara dini kepada adik-adik, sehingga saya langsung mengajak bersama dan kita fasilitasi seperti ini, sekaligus wujud kepedulian kita terhadap generasi penerus bangsa.

Demikian halnya Komandan kodim 0824/Jember Letkol Inf Laode M Nurdin saat kami konfirmasi terkait kegiatan tersebut, menyampaikan apresiasinya dan salam hormat  kepada sesepuh LVRI dan Kepala Sekolah SD Rukun Harapan yang memiliki inisiatif seperti itu, hal itu merupakan bagian dari penenaman rasa bela negara secara dini kepada adik-adik generasi penerus kita. Menanamkan Nilai KeJuangan Secara Dini Kepada Siswa – Siswi SD Rukun Harapan, Sebagai Bagian Dari Penguatan Bela Negara kepada generasi penerus bangsa.

Pemantapan rasa bela  negara secara dini tersebut merupakan fondamental dalam mewujudkan pertahanan negara yang menganut Sistem Pertahanan Semesta, dimana sumberdaya manusia sebagai kompartemen pendukung sedangkan TNI-Polri sebagai kompartemen utamanya,  untuk itu silahkan kalau memang ada yang memerlukan tenaga kami TNI dari Kodim 0824/Jember untuk memberikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) dan lain-lain, kita Kodim 0824/Jember sangat terbuka dan akan kita dukung tenaga pemateri nya. (Siswandi)

Author: Siswandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *