Siswa-siswi SDN Tisnogambar 1 Menyerbu Si Mokos Kodim 0824

JEMBER – Dalam perkembangan era milenial seperti sekarang ini kehidupan masyarakat banyak terpengaruh oleh aplikasi yang ada di android sehingga mengikis minat baca, hingga kekalangan adik-adik pelajar. Demikian halnya di wilayah Koramil 0824/15 Bangsalsari Kodim 0824 Jember.

Kondisi tersebut memerlukan turun tangannya berbagai pihak termasuk Kodim 0824 Jember, sehingga dilakukannya kembali himbauan gemar membaca untuk meningkatkan kualitas wawasan dan kecerdasan terutama dikalangan anak-anak pelajar ditingkat Sekolah Dasar (SD).

Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial (Si Mokos) merupakan motor unik dengan berbagai buku bacaan didalamnya merupakan prasarana interaksi prajurit TNI Kodim 0824 untuk menggiatkan membaca adik-adik siswa-siswi  SD, pada Rabu 20/02/2019 Pukul 09.00 Wib atas permintaan sekolah Si Mokos dihadirkan di SDN Petung 1 Desa Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.

Dengan di operatori oleh Personel Koramil sebanyak 3 orang dipimpin oleh Serma Muhari, kedatangan Si Mokos sudah menggemparkan 165 siswa –siswi sekolahan tersebut,  yang tidak sabar untuk meminjam buku bacaan dari motor unik tersebut.

Menurut Komandan Koramil 0824/15 Bangsalsari Kapten Arm Hendra Faizar yang membenarkan adanya kegiatan Si Mokos tersebut menyampaikan bahwa peminat untuk mendatangkan Si Mokos ini cukup banyak terutama sekolah-sekolah dasar yang ada diwilayah Bangsalsari, karena disamping motornya unik sehingga menarik perhatian anak-anak, isi didalamnya berupa buku-buku bacaan menarik yang banyak diminati anak-anak.

Justru buku-buku diluar literatur kurikulum sekolah ini yang menjadi alternatif adik-adik sehingga berebut untuk meminjam, meskipun waktunya terbatas mereka menyempatkan membaca bersama kawan-kawannya sebagai bacaan alternatif, sehingga cukup efektif untuk mengajak adik-adik agar  lebih gemar membaca. Kata Kapten Arm Hendra Faizar.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan memang kita memiliki Si Mokos tersebut yang merupakan salah satu sarana interaksi prajurit komando kewilayahan,  dengan adik-adik pelajar untuk membudayakan gemar membaca, meskipun hanya 1 unit Si Mokos ini sudah melakukan road show ke puluhan sekolah di Kabupaten Jember,  yang rata-rata mendapatkan sambutan antusias sekali dari siswa-siswi sekolah yang didatanginya.

Lebih lanjut Komandan Kodim menegaskan bahwa keberadaan kita dalam mengoperasionalkan Si Mokos ini,  merupakan salah satu wujud kepedulian kita kepada adik-adik yang minat bacanya sudah mulai menurun, dengan lebih gemar membaca diharapkan adik-adik memiliki tingkat wawasan dan kecerdasan yang lebih baik sebagai generasi penerus bangsa. (Siswandi)

 

Author: Siswandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *